Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Lamaran Pekerjaan yang Baik

Cara Membuat Lamaran Pekerjaan yang Baik
Image by freepik.com

Lamaran pekerjaan merupakan hal yang paling penting dan mendasar bagi siapa pun yang sedangmencari dan membutuhkan pekerjaan. 

Para pemilik perusahaan akan mempertimbangkan dan memanggil kamu berdasarkan isi tampilan surat lamaran pekerjaan yang kamu buat atau kirim. Hasilnya, tentu tergantung kemampuanmu saat menghadapi proses interview dengan atasan.

Namun jika tampilan surat lamaran pekerjaan yang kita buat terkesan buruk dan asal-asalan, maka peluang kita menunjukan kemampuan kita akan semakin menipis. Dengan begitu ada beberapa hal penting yang perlu kita perhatikan agar lamaran pekerjaan yang kita buat menjadi efektif dan efisien. 

Berikut ini adalah beberapa tips membuat surat lamaran pekerjaan, antara lain:

Cara Membuat Lamaran Pekerjaan 

Ada beberapa syarat yang harus dilakukan dalam menulis lamaran pekerjaan yang meliputi:

  • Sesuaikan lamaran pekerjaanmu dengan kriteria dan persyaratan iklan lowongan kerja yang tertera di media.
  • Penulisan lamaran pekerjaan sebaiknya berbahasa Inggris, karena lamaran pekerjaan berbahasa Inggris meningkatkan persepsi kualitas dua kali lebih baik dari lamaran berbahasa Indonesia.
  • Gunakan jenis kertas yang tidak biasa misalnya kertas conqueror bukan kertas HVS biasa, agar lamaran pekerjaanmu menarik perhatian perekrut lowongan kerja.
  • Gunakan amplop khusus untuk lamaran pekerjaanmu. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian pihak perekrut perusahaan. Amplop yang unik dan berbeda diantara surat-surat yang datang pada umumnya beramplop stkamur berwarna coklat, akan lebih cepat direspon.
  • Buatlah riwayat hidup dengan versi resume, dan bukan dengan versi riwayat hidup (CV) agar perekrut lowongan pekerjaan lebih tertarik membaca surat lamaran pekerjaanmu.
  • Masukkanlah hanya data yang penting dan menjual saja pada lamaran pekerjaanmu. Setiap data tidak penting yang kamu sertakan hanya akan menurunkan kualitas lamaran pekerjaan kamu. Maka buat lamaran pekerjaan yang ringkas dan penting saja.
  • Gunakanlah foto yang rapi misalnya dengan memakai pakaian jas dan dasi untuk pria, atau three-pieces suite untuk wanita. Foto berwarna umumnya dicetak dengan ukuran 4X6. Kerapian foto menentukan persepsi perekrut tentang diri kita, jika kita menampilkan foto kusut dan tak meyakinkan kemungkinan besar surat lamaran pekerjaan kita ditaruh begitu saja tak dihiraukan.
  • Ceritakan dengan baik kronologis pengalaman kerja yang pernah kamu alami dalam bentuk action word. Beri gambaran pada perekrut kompetensi apa saja kemampuan yang kamu kuasai. Agar mereka mudah mengukur potensi yang kita miliki saat proses wawancara.
  • Tulislah riwayat hidupmu dengan versi kronologis terbalik. Perekrut menganggap bahwa pelamar yang menulis resume secara kronologis terbalik adalah kandidat profesional dan memiliki kompetensi baik.
  • Perhatikan dokumen yang kamu masukkan ke dalam amplop lamaran pekerjaan dengan seksama. Semakin sedikit lembar dokumen yang kamu sertakan, asalkan benar-benar penting dan membangun persepsi kompetensi, semakin membuat perekrut menaruh respek dan penghargaan padamu.
  • Dokumen yang tebal namun hanya melampirkan lampiran-lampiran tidak terlalu penting hanya akan mempercepat surat lamaran pekerjaan yang kita buat menjadi tersisihkan.
  • Kirimkan lamaran pekerjaanmu secepatnya bila perlu pada saat sehari setelah iklan lowongan pekerjaan dimuat di media. Amplop yang datang lebih awal pasti akan dibuka paling pertama oleh perekrut dibanding dengan amplop yang datang belakangan atau terakhir. 

Beberapa Hal Teknis Tentang Lamaran Pekerjaan 

Selain beberapa tips yang telah disampaikan di atas ada beberapa hal teknis yang harus kamu perhatikan ketika membuat surat lamaran pekerjaan, dan hal-hal yang harus kamu perhatikan adalah sebagai berikut :

1. Surat Lamaran Pekerjaan Harus Impresif

Isi surat lamaran pekerjaan hendaknya sedapat mungkin memunculkan kesan simpatik, tidak terlalu sombong dan arogan namun tidak juga tidak terlalu merendahkan diri dan mengemis pekerjaan. Intinya tampilkan jati diri kita semenarik mungkin.

2. Surat Lamaran Pekerjaan Harus Menarik Minat Calon Atasan

Buatlah sebuah surat lamaran pekerjaan yang mana ketika seorang perekrut mulai membaca lamaran tersebut dia akan langsung tertarik untuk mengetahui lebih lanjut seperti apakah potensi yang kita miliki. 

Ingat kesan pertama sangatlah penting dan menentukan diterima atau dipertimbangkan tidaknya kita diperusahaan yang kita lamar.

3. Sebutkan Kualifikasi yang Diraih dalam Surat Lamaran Pekerjaan

Contoh prestasi kerja maupun pengalaman yang sukses harus disebutkan, untuk menunjukkan bahwa kita mempunyai prestasi dan pengalaman yang patut dipertimbangkan. Bahasa yang digunakan hendaknya bahasa yang enak dibaca, ringkas dan padat tidak bertele-tele.

4. Pergunakanlah Bahasa yang Sederhana dan Ringkas 

Terkadang kita tergoda untuk menjelaskan segenap potensi yang ada dalam diri kita sedetail mungkin di dalam surat yang kita tulis. Padahal Kita mempunyai kesempatan lain untuk menjabarkan semua kelebihan dan kualitas diri kita dalam kesempatan wawancara. 

Maka dari itu, untuk saat ini buat penjelasan yang singkat tetapi efektif dalam surat lamaran pekerjaan kita.

5. Perhatikan Kalimat dalam Surat Lamaran Pekerjaan

Gunakan kalimat yang singkat, padat dan efektif, hindari kalimat yang diulang-ulang tanpa alasan, ejaan yang salah, maupun penggunaan tata bahasa yang buruk. 

Sering kali terjadi adalah penggunaan kata keterangan yang berulang-ulang, atau kata sambung secara berulang-ulang, yang menyebabkan kalimat terasa janggal, dan bertele-tele.

6. Surat Lamaran Pekerjaan Berbahasa Indonesia

Sebaiknya pergunakan bahasa Indonesia saja jika memang perusahaan tidak mensyaratkan agar kita menulis surat lamaran pekerjaan berbahasa inggris. 

Jika tidak diminta menggunakan penulisan surat lamaran pekerjaan berbahasa inggris, hindari penggunaan bahasa Inggris, terutama jika kemampuan bahasa Inggris kita lemah atau kurang baik. 

Jika kamu memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang bagus, boleh saja membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris, yang tentu saja merupakan sebuah nilai lebih bagi kita. Seperti yang telah dijelaskan diatas.

7. Tujuan dan Alasan Melamar Kerja

Pada surat lamaran pekerjaan kamu, cantumkan tujuan dan alasan kita melamar pekerjaan itu untuk apa. Biasanya tujuan yang sering disebutkan adalah bahwa kita mempunyai kemampuan dan pengalaman yang memadai dalam bidang pekerjaan tertentu, dan dengan bergabungnya kita ke suatu perusahaan akan dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi perusahaan tersebut.

8. Kerapihan Surat Lamaran Pekerjaan

Agar lamaran pekerjaan kamu mudah dibaca jangan menulis atau mencetak dengan tinta yang terlalu tipis atau terlalu tebal, dan hindari penggunaan penghapus atau tipex. Pergunakan kertas yang bagus, bersih dan rapi, tidak kusut, tidak tebal namun juga tidak terlampau tipis agar tidak mudah terkoyak.

9. Buat Surat Lamaran dengan Tulis Tangan atau Komputer?

Jika memungkinkan buatlah surat lamaran pekerjaan dengan menggunakan komputer, kecuali perekrut dari perusahaan mempersyaratkan agar kita menulis surat lamaran pekerjaan yang ditulis dengan tulis tangan. 

Agar diperoleh kualitas tulisan yang setara dengan kualitas tulisan dari mesin cetak, sebaiknya gunakan printer inkjet atau laser, dan sebisa mungkin hindari penggunaan printer dot matrix karena akan memberi kesan kita orang yang tertinggal dalam hal teknologi. 

Gunakan jenis font stkamur, seperti Times New Roman ukuran 12 untuk memberi kesan formal yang tercermin dari lamaran pekerjaan.

Nah itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika membuat surat lamaran pekerjaan. Semoga bermanfaat. 

Aulia Agus
Aulia Agus Hidup itu seperti cermin. Jika Anda menghadapinya dengan senyuman, maka hidup akan tersenyum kembali kepada Anda

Posting Komentar untuk " Cara Membuat Lamaran Pekerjaan yang Baik"