Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Hal Yang Harus Dihindari Dalam Memulai Pekerjaan Baru

10 Hal Yang Harus Dihindari Dalam Memulai Pekerjaan Baru
Image by freepik.com

Selamat! Kamu telah mendapatkan pekerjaan baru dan kamu tentu ingin memulai langkah awal dengan memberikan kesan pertama positif pada Bos dan kolega baru.  

Kamu perlu berhati-hati agar jangan sampai membuat karir kamu berakhir dengan kesalahan.  Apakah yang perlu kamu persiapkan dalam menghadapi pekerjaan baru? 

10 Hal Yang Harus Dihindari Dalam Memulai Pekerjaan Baru

Sebagai pendatang baru di lingkungan kerja yang baru, kamu harus berusaha untuk tampil sebaik mungkin. Kesan pertama biasanya akan memberikan dampak yang signifikan pada hari - hari selanjutnya.

Simak ulasannya berikut ini.

1.  Jangan Terlambat Datang

Kesan pertama yang paling penting saat bergabung dalam komunitas kerja baru adalah datang lebih awal atau tidak terlambat.  Kamu tidak perlu memberikan kesan negatif di langkah awal ini dengan terlambat kerja.  

Pastikan rute perjalanan dari rumah telah kamu pahami dan ketahui kondisi dan halangannya.  Jika perlu berikan tambahan waktu agar bisa lebih awal datang ke kantor daripada terlambat.

2.  Berpakaian dengan Profesional

Pahami dan pelajari tata cara berpakaian yang berlaku dalam organisasi baru kamu.  Tanyakan pada atasan atau Manajer kamu, jenis pakaian kerja yang diterima oleh perusahaan.  Tidak ada yang lebih memalukan daripada datang dengan pakaian yang tidak profesional.

3.  Ikuti Orientasi Karyawan Baru

Mungkin kamu sudah cukup paham dengan jenis dan deskripsi kerja baru, namun banyak perusahaan tetap melangsungkan orientasi dan pelatihan bagi posisi baru.  

Jangan pernah melewati fase ini, karena kamu tengah dalam sorotan, walaupun mungkin sangat tergoda untuk tidak mengikutinya.  Secara tidak langsung Bos dan atasan baru tengah menilaimu.

4. Jangan Berharap “Pegangan Tangan” (Hand-Holding)

Tidak peduli di mana kamu bekerja, ada sebuah proses tertentu, alat-alat, dan bentuk prosedur operasi standar perusahaan. Kamu mungkin telah diperkenalkan hal tersebut melalui orientasi secara terorganisasi dan sistematis, dan kamu diharapkan untuk memahaminya. 

Ketika kamu menguasainya dengan baik maka beruntunglah, jika tidak, dan frustasi sebaiknya ambil inisiatif untuk menguasai dasar-dasar kerja bagi kamu sendiri dan jangan pernah berharap orang lain akan Take Over. 

5.  Jangan Meminta Rekan Kerja untuk Mengerjakan Pekerjaanmu

Tentu saja, memahami lingkungan baru dan menyesuaikan diri dalam minggu pertama di tempat kerja memerlukan dukungan dan arahan. 

Jangan ragu untuk mencari bantuan dari kolega atau mengajukan pertanyaan yang membantu kamu menguasai tugas-tugas dengan kepercayaan diri. 

Namun, ingatlah bahwa mengkamulkan rekan kerja baru untuk menyelesaikan tanggung jawabmu bisa dengan cepat merusak hubungan kerja yang baik.

Ingat, kamu dipekerjakan karena manajer percaya pada kemampuanmu untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Meminta bantuan jika kamu membutuhkannya, tapi percaya pada diri sendiri dan buktikan bahwa kamu dapat melakukan pekerjaan sendiri.

6.  Hindari Terlalu Banyak Telepon Pribadi

Waktu yang kamu habiskan di tempat kerja adalah untuk bekerja dan bekerja baik. Majikanmu tidak membayarmu untuk chatting dengan pacarmu atau curhat dengan teman-teman lamamu. 

Jika teman-teman atau anggota keluarga yang rentan untuk memanggilmu selama jam kerja, ingatkan mereka sebelum kamu memulai pekerjaan baru bahwa kamu sekarang akan bekerja selama jam-jam tertentu dan meminta agar mereka menghindari menelepon selama jam tersebut. 

Tetapkan aturan pribadi yang tegas dengan membatasi penggunaan telepon pribadi, pesan teks, atau pesan instan untuk waktu istirahat makan siangmu, kecuali jika terjadi situasi mendesak yang memerlukan perhatian segera.

7.  Jangan meminta Lebih Uang

Kemungkinan besar, kamu dan majikan telah setuju untuk nilai gaji tertentu dalam proses perekrutan sebelumnya. Jadi jangan pernah berubah pikiran sebelum kamu muncul di tempat kerja. 

Jika kamu setuju dengan gaji yang ditawarkan, maka kamu harus puas dengan itu. Jangan berharap lebih banyak uang (dan tidak meminta lebih) sampai kamu telah bekerja cukup lama untuk membuktikan nilai kamu bagi majikanmu.

8.  Jangan Mencoba Merubah Sesuatu

Tentu saja kamu ingin membuat kesan yang baik segera setelah kamu tiba di pekerjaan baru, dan menunjukkan kepada majikan barumu mereka membuat pilihan yang tepat dalam mempekerjakanmu. 

Namun, berhati-hati menyarankan kebijakan baru atau strategi selama beberapa minggu pertama, karena tidak mungkin hal ini menjadi cara terbaik untuk menunjukkan kamu adalah seorang pemain tim. 

Ditambah, hal ini bisa mendorong beberapa rekan kerjamu untuk berpikir dua kali tentang kamu sebagai orang yang tepat untuk pekerjaan itu. 

Pada awalnya, luangkan waktu untuk benar-benar memahami dan mempelajari pekerjaanmu, kemudian seiring waktu, kamu bisa membuat saran dan perubahan ketika situasi yang tepat muncul.

9.  Bersikaplah Jujur

Setiap pekerjaan baru datang dengan tantangan belajar yang unik, dan seorang atasan yang bijaksana akan mengerti bahwa kamu mungkin dihadapkan pada tugas atau pengetahuan yang belum kamu kuasai. 

Daripada berpura-pura mampu menangani semuanya sendirian, beranilah untuk berterus terang. Jangan ragu untuk mengakui, “Saya belum tahu ini.” Kejujuran adalah kunci yang membedakanmu. 

Percaya pada kemampuanmu, tetapi jangan klaim mengetahui sesuatu yang sebenarnya asing bagimu. Sampaikan pada atasanmu, “Izinkan saya untuk mencari tahu dan saya akan segera kembali kepada kamu dengan jawabannya.” Dan pastikan kamu menepati janji tersebut.

10.  Jangan Malu Meminta Bantuan

Kamu mungkin begitu bersemangat untuk memulai pekerjaan baru dan tidak ingin berhenti atau mengajukan pertanyaan. Tapi dengan melewati bahkan pertanyaan paling dasar, kamu telah menetapkan diri untuk sebuah kegagalan. 

Lebih baik mengajukan pertanyaan daripada melakukan kesalahan yang dapat menghabiskan waktu dan dana perusahaan. Pastikan kamu memahami tanggung jawab pekerjaanmu, mencari tahu siapa yang bisa membantu dengan masalah teknis seperti internet atau telepon, mempelajari proses pembayaran gajimu, dan informasi penting lainnya.

Itulah pembahasan singkat tentang 10 Hal Yang Harus Dihindari Dalam Memulai Pekerjaan Baru. Semoga bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Mas Pram
Mas Pram "Visi Tanpa Eksekusi Adalah Halusinasi" - Thomas Alva Edison

Posting Komentar untuk " 10 Hal Yang Harus Dihindari Dalam Memulai Pekerjaan Baru"